Jumat, 16 Desember 2011

Cantik Itu…. Tentang Cara Kita Menikmati Hidup! (Sebuah Motivasi bagi yang Ingin Merasa Cantik)



“Putih itu cantik… cantik=langsing alias kurus” Kawan muda pasti sering sekali mendengar kata- kata ini, iklan di semua media, dan lingkungan seakan mendoktrin bahwa yang disebut perempuan cantik adalah yang putih dan langsing cenderung kurus. Banyak diantara kita kemudian terjebak untuk melakukan diet dam melakukan perawatan agar kulit putih dan tubuh langsing semampai. Sehat??? belum tentu! olahraga? capek! bikin langsing sih… tapi kan ga bikin putih (begitu kata seorang teman).

Saya memiliki seorang sahabat yang secara fisik manis, kulitnya coklat (sawo mayang) khas Indonesia. Badannya gempal tapi juga tak bisa disebut gemuk mungkin cenderung besar didukung dengan postur tubuhnya yang juga tinggi. Dia juga cerdas dan menyenangkan. Suatu hari dia curhat ke saya karena ingin langsing dan putih. Ingin cantik! ingin jadi model! wow…. dan alasan terakhir adalah ingin punya pacar. Dia kemudian mencoba berbagai jenis diet dan hasilnya malah masuk rumah sakit karena dehidrasi. Ampun deh.

Suatu hari saya bilang ” Ngapain memaksa jadi model, kalau badanku segede kamu, aku daftar ikut Judo. kali aja bisa sampai PON” maksud saya bercanda. “Wah mbak ada yang ga pakai dibanting ga?” ternyata dia tertarik. “Kalau minat lainnya bisa coba aikido atau karate mau yang bukan beladiri .. hm.. fitnes juga boleh”.

Tidak saya sangka, dia memikirkan perkataan saya. Suatu hari minggu dia sudah datang ke dojo (tempat berlatih) karate dimana saya juga biasa latihan dan melatih di sana. “Boleh ikut latihan?” tanyanya sambil senyum.

Hari demi hari ternyata sahabat saya ini rajin juga berlatih . Setelah lebih dari dua tahun dan melewati beberapa tahapan sabuk, iseng-iseng saya tanya ” Masih ingin jadi model ?” dia tertawa terbahak-bahak ! “Kalau saya jadi model… bulan kemarin saya ga bisa dapat medali kejuaraan daerah dong. Moga moga tahun depan bisa kejuaraan nasional ya mbak, semangat!” ” Eh mbak, aku seneng loh disini aku dapat pacar, dan ga nyuruh aku harus putih. “

Saya senang bisa memberi semangat pada sahabat saya ini. Sahabat saya bercerita bahwa ada sisi lain yang berkembang dalam dirinya, BISA MENERIMA DIRINYA SENDIRI. Kedengarannya mudah, tapi bagi sebagian orang prakteknya sulit!

Cantik itu luas… bisa karena fisik yang cantik, hati yang baik, tapi lebih dari semua itu saya pikir perempuan akan selalu cantik apabila dia bisa menjadi dirinya sendiri dan menikmatinya. Tuhan memberi kita keunikan masing- masing dan cara kita menikmatinya itulah yang membuat kita cantik. Tambahan yang juga diperlukan adalah penerimaan lingkungan terhadap seseorang. Jadi jika ingin para wanita menjadi cantik sesuai kodratnya terimalah dengan apa adanya ( mengkritik boleh… tapi yang membangun dan jangan menuntut).

Supaya selalu cantik, marilah kita menikmati hidup! Bersahabat dan tersenyumlah…


Opini diatas saya ambil dari sebuah website dan jujur sangat memotivasi bagi para wanita yang selalu merasa kurang pada dirinya. Padahal semua wanita itu cantik apa adanya. Meskipun zaman sekarang hampir dipastikan (ralat jika saya salah) semua laki-laki mencari pacar atau pasangan hidup berdasarkan fisik. Tapi yakinlah masih ada laki-laki yang melihat semua dari hati, sikap, dan perilaku kita. Meskipun itu 1 : 10

2 komentar:

Anonim mengatakan...

aku kan udah cantik rent..

Karen Tania Puspaningrum mengatakan...

apalagi yg nge-posting :D

Posting Komentar