Senin, 12 Desember 2011

Pengenalan Diri

Pada waktu LKMM PRA-TD kami satu FTIF mendapatkan berbagai materi yang sangat menarik tentang banyak hal. Salah satu materi yang sangat menarik menurut saya adalah Pengenalan Diri yang pada saat itu disampaikan oleh mas Diaz.

Kenapa kita harus mengenali diri kita ? Biar nggak dianggap ABABIL ? mungkin itu salah satu nya. Tapi selain itu ada beberapa alasan yaitu :

- Karena manusia diciptakan unik
- Untuk memahami siapa diri kita
- Mengetahui kelebihan & kekurangan kita
- Memahami karakter orang lain



Menurut Ibnu Sina, manusia terdiri dari 4 golongan dasar :
1. Sanguinis ( populer-udara)
2. Plegmatis (cinta damai-air)
3. Koleris (kuat-api)
4. Melankolis (sempurna-tanah)

1. SANGUINIS
Suka berbicara, humoris, antusias, emosional, ekspresif, periang, penuh semangat dan kekanak-kanakan, kreatif, spontanitas dan inovatif, cepat meminta maaf, bukan pendendam, ingatan kuat pada warna.

2. KOLERIS
Berbakat pemimpin, dinamis, aktif, suka perubahan, harus memperbaiki kesalahan, kemauan kuat, tegas dan memancarkan keyakinan, berkembang karena saingan, tidask terlalu perlu teman, selalu benar dan unggul dalam keadaan darurat.

3. PLEGMATIS
Rendah hati, mudah bergaul, tenang, cerdas, santai, menyembunyikan emosi, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, suka mengawasi orang, perhatian, konsisten, suka mengawasi orang, perhatian, konsisten.

4. MELANKOLIS
Mendalam, penuh pikiran, analitis, serius dan tekun, berbakat, artistic, musikal, filosofi dan puitis, menghargai keindahan, perasa terhadap orang lain, suka berkorban, idealis, berorientasi jadwal, perfectionis, perhatian.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kita memiliki sifat di beberapa golongan tersebut karena sifat manusia tidak semata pada satu tempat. Lihat dimana sifat-sifat kita lebih mendominasi.

0 komentar:

Posting Komentar